Pentingnya Tes Emisi Saat Pemeriksaan Mobil

Salah satu komponen penting dalam pemeriksaan mobil negara adalah uji emisi. Jika kendaraan Anda gagal dalam uji emisi, Anda tidak akan dapat lulus pemeriksaan penuh, dan oleh karena itu, tidak akan dapat mengemudikan kendaraan Anda secara legal di jalan raya. Mengemudi dengan inspeksi yang gagal dapat mengakibatkan denda yang besar atau bahkan penyitaan kendaraan. Baca di bawah untuk mempelajari cara kerja tes ini dan mengapa itu penting.

Mengapa Itu Penting?

Bensin dan solar sama-sama mengandung hidrokarbon. Dalam mesin mobil yang ideal, oksigen akan bergabung dengan hidrogen untuk menghasilkan air dan karbon untuk menghasilkan karbon dioksida. Namun, proses pembakarannya masih jauh dari sempurna. Hasilnya, mesin memiliki sistem kontrol emisi yang dirancang untuk mengurangi jumlah polutan berbahaya yang dilepaskan ke udara.

Ada polutan tertentu yang tidak hanya merusak lingkungan, tetapi juga dapat menyebabkan gangguan kesehatan yang serius. Misalnya, nitrogen oksida membuat kabut asap saat terkena sinar matahari. Kabut asap dapat menyebabkan kerusakan parah pada paru-paru, mengiritasi mata, dan memperburuk masalah pernapasan yang ada. Karbon monoksida mengurangi jumlah oksigen dalam darah dan bisa sangat berbahaya bagi penderita penyakit jantung. Selain itu, mesin diesel seringkali menghasilkan jelaga dalam jumlah besar, yang juga dapat menyebabkan gangguan kesehatan. Jelaga sebagian besar terdiri dari partikel kecil yang dapat menempuh jarak jauh, merusak hewan, tumbuhan, dan properti.

Perubahan iklim

Mesin pembakaran dapat menghasilkan banyak karbon dioksida, yang dikaitkan dengan perubahan iklim. Ini dan gas rumah kaca lainnya bergabung untuk memerangkap panas bumi alih-alih membiarkannya keluar melalui atmosfer. Akibatnya, banyak ahli percaya bahwa kekeringan, banjir, badai hebat, gelombang panas, dan bencana terkait cuaca lainnya telah meningkat.

Lebih dari sepertiga emisi karbon dioksida di seluruh dunia dihasilkan di Amerika Serikat, dan lebih dari 60 persen emisi ini berasal dari mobil, truk, dan SUV bertenaga bensin. Emisi yang tersisa berasal dari kendaraan bertenaga diesel, pesawat terbang, kapal laut dan peralatan konstruksi.

Bagaimana Ini Mempengaruhi Anda?

Badan Perlindungan Lingkungan A.S. menetapkan standar nasional mengenai tingkat polutan maksimum yang diizinkan. Jika suatu negara tidak memenuhi standar tersebut, maka diperlukan program pengurangan polusi. Karena itu, banyak negara bagian telah menerapkan uji emisi inspeksi mobil untuk memastikan kendaraan berjalan sebersih mungkin. Inspeksi mobil tahunan mengidentifikasi mobil yang mencemari udara karena sistem kontrol emisi tidak berfungsi, memungkinkan pengemudi untuk memperbaiki mobil mereka dan membantu lingkungan.