Biografi Tom Hanks

Tidak ada yang bisa membayangkan ketinggian di mana aktor, penulis, sutradara, dan produser Tom Hanks akan naik selama masa hidupnya. Hanks adalah raksasa di Tinseltown, dengan banyak film di bawah ikat pinggangnya dan sebuah karya yang telah meraup lebih dari $ 4,22 miliar di box office AS dan total $ 8,5 miliar secara global. Angka-angka ini dengan mudah membuatnya mendapatkan gelar bintang box-office dengan pendapatan kotor tertinggi sepanjang masa. Thomas Jeffrey Hanks, lebih dikenal sebagai Tom, lahir pada tanggal 9 Juli 1956 di Concord, California, dari pasangan Amos Hanks, seorang juru masak, dan Janet Marylyn, seorang pekerja rumah sakit. Orang tua Hanks bercerai ketika dia masih sangat muda, setelah itu dia tinggal bersama ayahnya bersama dengan dua saudara kandungnya. Saat remaja, Hanks sangat religius dan menggambarkan dirinya sebagai "geek" yang "sangat pemalu".

Seperti banyak aktor lainnya, dia pertama kali menemukan hasrat untuk keahliannya dengan tampil di drama sekolah saat dia bersekolah di Skyline High School di Oakland, California. Dia belajar teater di Chabot College di Hayward sebelum pindah ke California State University di Sacramento. Selama masa kuliahnya, Hanks sering pergi sendiri ke gedung teater setempat dan menonton drama sendirian. Dia akan belajar banyak tentang teater selama masa magang di Great Lakes Theatre Festival di Cleveland, Ohio, di mana dia juga memenangkan penghargaan pertamanya untuk Aktor Terbaik dari Cleveland Critics Circle. Penghargaan tersebut dianugerahkan atas perannya tahun 1978 sebagai penjahat dalam produksi teater "The Two Gentlemen of Verona."

Pada 1979, Hanks pindah ke New York City dan pada 1980, mendapat bagian dalam "He Knows You're Alone," sebuah film horor anggaran rendah. Dia juga membintangi film TV "Mazes and Monsters" pada tahun yang sama. Pada tahun 1981, Hanks mendapatkan peran utama dalam "Bosom Buddies," sebuah serial TV ABC, dan pindah ke Los Angeles untuk peran tersebut. Pada tahun 1982, penampilan tamu di "Happy Days" menandai titik balik dalam karir Hanks. Di sana ia bertemu sutradara Ron Howard, yang kemudian menghubungi Hanks saat mengerjakan "Splash" pada tahun 1984. Akhirnya Hanks berperan sebagai peran utama. "Splash" menjadi sukses besar di box office dan akan menjadi terobosan yang dibutuhkan Hanks untuk menjadi mainstream.

Di antara film-film awalnya yang lain adalah "Bachelor Party" (1984), "Nothing in Common" (1986), dan "Big" (1988). Karier Hanks menurun selama periode ini, yang sebagian besar disebabkan oleh kesuksesan film-film yang dibintanginya. Pada tahun 1989, ia melihat beberapa kesuksesan dengan komedi bertema anjing "Turner & Hooch," tetapi ternyata tidak. sampai dia mulai mengambil peran yang lebih dramatis sehingga kariernya benar-benar meningkat.

Salah satu film yang menentukan dalam karier Hanks adalah "Forrest Gump" (1994), sebuah drama / komedi romantis di mana Hanks memenangkan Academy Award, People's Choice Award, Golden Globe Award, dan Screen Actors Guild Award-semuanya untuk Aktor Terbaik. Sampai saat ini, Hanks hanyalah aktor kedua yang memegang perbedaan dalam memenangkan Academy Awards berturut-turut untuk Aktor Terbaik. Satu-satunya aktor lain adalah Spencer Tracy, yang memenangkan penghargaan pada tahun 1937 dan 1938. Film, yang didasarkan pada novel Winston Groom, adalah film terlaris di Amerika Utara tahun itu, dengan pemutaran teatrikal yang menjaring Paramount Studios lebih dari $ 677 juta dan memenangkan gelar Film Terbaik di Academy Awards tahun itu.